Jumat, 08 April 2016

Sejarah Dan Ilmu Sejarah



SEJARAH DAN ILMU SEJARAH
Sekolah Sejarah Peradaban Islam Angkatan ke-Dua, Pertemuan 1.
Sekolah Sejarah Peradaban Islam adalah salah satu wadah kita untuk menimba ilmu tentang sejarah. Karena begitu pentingnya kita mengetahui dan memahami sejarah. Karena jika suatu Negeri mau bangkit, ia harus paham akan sejarah. Karena jika sesorang tidak faham akan sejarah, maka ia akan dikuasi oleh sejarah tersebut. maka dari itu kita diminta untuk faham akan sejarah. Baik sejarah Indonesia tercinta, dan terlebih lagi sejarah Islam agama yang Allah ridhoi Insyaa Allah.
Baiklah, ada beberapa hal yang saya dapatkan ketika pertemuan pertama hari Sabtu, 02 April 2016. Kegiatan ini diadakan di Universitas Indonesia, Depok.
Berbicara tentang sejarah, juga berkaitan dengan firman Allah dalam surah Hud ayat 120-123. Begitu Allah juga sudah menceritakan kisah dan sejarah para nabi. Jika kita membaca Al-Qur’an, baca juga tafsirnya. Maka sebagian dari isi kandungan Al-Qur’an itu bebricara tentang sejarah.
Tidak sedikit dari kita selalu bertanya-tanya, apa sih pentingnya belajar sejarah itu? seberapa pentingkah kita belajar sejarah itu? sudah tidak asing lagi kita sering mendengar pertanyaan seperti itu. mungkin dari sebagian orang meremehkan akan hal yang berkaitan dengan sejarah, tapi ingatlah itu hal yang sangat fatal sekali. Ada beberapa manfaat dengan kita belajar sejarah :
1.      Kita bisa saling mengingatkan dalam kebaikan
2.      Kita bisa saling menjadi pertahanan bagi saudara kita, untuk selalu memegang erat persaudaraan dan tidak pantang menyerah.
3.      Kita tidah terpuruk kedalam lobang yang sama.

Itu beberapa contoh dan pentingnya kita mengetahui, belajar dan memahami sejarah. Tidak berhenti disitu saja, kita berbicara sejarah. Sebenarnya apa sih makana sejarah yang sebenarnya itu?
Sejarah itu bukanlah mitos, bukan juga Filsafat, bukan juga Ilmu Alam , terlebih lagi bukan juga karya sastra tapi sejarah itu rangkaian serpihan masa lalu.
Nah dalam pembicaraan tentang sejarah itu, ada beberapa kategori sejarah juga, diantaranya :
1.      Sejarah politik
2.       Sejarah sosial
3.      Sejarah mentalitas
4.      Sejarah intelektual
5.      Sejarah agraria, dan
6.      Sejarah kebudayaan.

Banyak hal yang kita dapatkan dalam belajar sejarah, banyak pengetahuan dan banyak ilmu yang bermanfaat insyaaAllah.
Maka dari itu, ketika engkau ingin menggenngam dunia makan kuasailah sejarah. Jangan sampai engkau yang dikuasai sejarah.
Semoga Sekolah Sejarah Peradaban Islam ini akan menjadikan kita bisa lebih mengenal sejarah lagi. Dan semoga bisa bermanfaat bagi banyak kalangan.

wallahu a'lam bisshowab :)

#Sekolah Sejarah Peradaban Islam Angkatan 2
#Omah Peradaban 

ukhtukum Fillah


Fifi Fradina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar