Kamis, 07 April 2016

Menebar Kebaikan

“Jika kita menginginkan suatu kebaikan, maka lakukanlah kebaikan itu kepada orang lain.”


Ya sebagaimana yang sudah ketahui bersama, bahwa hukum karma akan berlaku. Bukan hanya jika kita mendapat suatu keburukan misalnya dari orang lain. Sudah tidak sukar kita mendengar begini “liat aja lu hukum karma berlaku.”


Nah, kebanyakan sih dari kita begitu. Tapi ingat, hukum karma juga berlaku bagi orang-orang yang selalu menebar kebaikan.


Pada hakikatnya didalam diri manusia ini ada benih-benih kebaikan. Dan kita sebagai manusia pastinya ingin benih kebaikan itu menempel dan melekat didalam diri kita. Secara naluriah juga kita pasi ingin menjadi pribadi yang baik. Bukan begitu sahabat?


Dan Allah juga sudah berfirman didalam Al-qur’an, tentang segala bentuk kebaikan yang kita lakukan.

Yuk simak arti dari firman Allah yang kita ambil dari Q.S Al-Jaatsiyah ayat 15.

“Barang siapa yang melaksanakan kebajikan, maka itu untuk dirinya sendiri, dan barang siapa yang melakukan kejahatan itu juga untuk dirinya sendiri, kemudian kepada Tuhanmu kamu dikembalikan”

Dan sebagaimana juga sudah Allah perkuat lagi didalam Q.S Ar-Rahman ayat  60.

“Dan sesuatu kebaikan yang kita lakukan akan dibalas dengan kebaikan pula”.

Nah dari ayat diatas, tampak jelas bahwa ketika kita melakukan kebaikan, maka Allah akan kembalikan kebaikan kita bahkan dibalas dengan yang lebih lagi.

Dan ketika kita melakukan kebaikan, dengan kerendahan hati dan ketaqwaan kepada Allah. Dengan keihkhlasan yang tinggi dan mengharap Ridho dari Allah. Allah akan memberikan ganjaran kepada kita. Tapi ingat ya, ikhlas. Ada beberapa ganjaran yang dapat kita peroleh setelah kita melalukan kebaikan.

1.      Allah akan memberikan balasan berupa Hikmah dan Ilmu.

Maksudnya apa? Hikmah disini maksudnya tentang kefahaman kita. Bagaimana pentingnya berbuat kebaikan kepada orang lain.

2.      Allah akan memberikan petunjuk dan Rahmat

Ketika kita ikhlas berbuat kebaikan, disanalah Allah memberi petunjuk da Rahmat-Nya kepada kita semua. sebagaimana firman Allah dalam surah Luqman ayat 3 “Sebagai petunjuk danrahmat bagi orang-orang yang berbuat kebaikan”.

3.      Allah akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kita.

Nah, ketika kita melakukan kebaikan, ternyata Allah menghapuskan juga kesalahan-kesalahan kita sahabat. Yuk simak surah Hud ayat 114 ya “......perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan”. Masyaa Allah ya, Allah juga sudah janjikan lho didalan Al-Qur’an.

4.      Allah akan memberikan balasan didunia dan diakhirat, dengan balasan yang baik.

5.      Allah akan selalu bersama orang-orang yang selalu berbuat baik dan bertaqa kepada-Nya.

Sebagaimana Allah firmankan didalam surah Al-‘Ankabut ayat 69. “Dan orang-orang yang berjihad untuk mencari keridhoan Kami, Kami akan tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami, dam sungguh Allah bersama orang-orang yang berbuat baik”.



Masyaa Allah, begitulah Allah sangat menghargai orang-orang yang senantiasa berbuat baik. Maka dari itu Sahabat, tebarlah selalu kebaikan meski itu hanya sebesar biji Zarrah pun. Allah tidak tidur dan Allah akan memberikan ganjaran kepada kita semua.

Wallahu a’lam bisshowab..

Ukhtukum Fillah

Fifi Fradina


Yuk Follow my Official Acoount :
IG : @fififradina
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar