Sabtu, 02 April 2016

Istiqomah



ISTIQOMAH
Istiqomah pada hakikatnya adalah selalu melakukan ketaatan kepada Allah serta berada dijalan Allah SWT. Dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. semua itu semata terjadi karena keutuhan cinta kita kepada Allah swt.
Sering juga kita disaat semangat lagi tinggi banget, tiba-tiba down seketika. Disaat lagi impian tinggi dan kegigihan untuk mencapainya juga sedang meningkat, tidak jarang kita tiba-tiba malas-malasan. Bukan?
Iya itu sudah menjadi fitrahnya manusia, dikala iman sedang naik ya kita rajin ibadah kepada-Nya , tapi tidak jarang juga kalau kita sedang futur semua semangat yang tadinya menggebu-gebu bisa hilang seketika.
Iya itu juga sudah qodratnya. itu semua adalah tipu daya syaithan untuk menggiring kita dan memalingkan wajah kita dari kebaikan. Tapi, apakah kita harus tetap selalu mengikuti keinginan syaithan? Selalu menjadi teman syithan? Dan menjadi budaknya syaithan?
Tentunya kita tidak mau kan sobat?
Ada beberapa faktor yang menyebabkan keistiqomahan setiap insan itu bisa berkurang dan menurun lhooowwwhh , diantaranya :
1.      Merasa beban yang ditanggung dan dihadapi terlalu berat
2.      Selalu ingin mencari kesenangan duniawi
3.      Jarang bersyukur atas apa yang sudah didapat
Yaa, itulah kira-kira 3 faktor dari beberapa faktor yang bisa mengkendorkan semangat dan keistiqomahan kita.
Istiqomah itu mudah diucapkan , tetapi tidak jarang dari kita mampu menaklukkannya.
Allah memberikan kabar gembira kepda kita yang senantiasa istiqomah dijalan-Nya. dan Allah juga jaminkan surga bagi mereka yang mampu istiqomah.
“Sesungguhnya orang-orang berkata “Tuhan kami adalah Allah” kemudian mereka tetap ISTIQOMAH, tidak ada rasa khawatir terhadap mereka,dan mereka tidak pula bersedih hati. Mereka itulah penghuni Syurga, kekal didalamnya, atas balasan apa yang telah ia kerjakan” (Al-Ahqaf 13-14)
Ada beberapa upaya sih agar kita bisa selalu istiqomah :
1.      Mengamalkan 2 kalimat syahadat
2.      Tadabbur al-Qur’an
3.      Berkumpul dalam majelis bersama orang-orang sholeh yang satu tujuan dengan kita
4.      Berdoa selalu kepada Allah,agar selalu Allah berikan nikmat keistiqomahan kepada kita
5.      Dan membaca Sirah Nabawiyyah
Masyaa Allah, betapa besar yah janji Allah kepada mereka yang senantiasa istiqomah dijalan-Nya. semoga Allah selalu limpahkan rahmat kepada kita semua agar senantiasa istiqomah di Jalan-nya.
Wallahu a’lam bis showab J
Ukhtukum Fillah

Fifi Fradina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar